5 Kendala yang sering di alami seorang Video Editor dan Solusinya



Setiap pekerjaan yang kita lakukan tentunya akan bertemu dengan kendala, berikut ini 5 kendala yang sering dihadapi seorang video editor dan respon yang dapat kita lakukan.

1. Dituntut membuat sempurna suatu karya video

Video Editor sering dituntut untuk membuat sempurna sebuah adegan, padahal materi dari dilapangan jauh dari sempurna. Tapi itulah editing "membuat sampah menjadi karya berharga" Tidak berbeda dengan daur ulang sampah. Solusi : ada baiknya sebelum pekerjaan dilakukan kamu memberikan gambaran kepada klien atau atasan kamu bahwa hasil terbaik yang akan bisa kamu lakukan  sehingga kita bisa menyamakan ekspektasi klien dan hasil kerja kamu.


2. Dikerja dateline harus tayang dalam waktu dekat

Kali ini masalah waktu. Misalnya tayang hari rabu, hari selasa mereka baru shooting, sampe editing malam. Nah loh!! kapan ngeditnya?. Tapi itulah editing, harus siap lembur dan gimana caranya besok tetap tayang tepat waktu. Solusi : timeline pekerjaan itu sangat penting dan tentunya harus kamu koordinasikan sebelumnya dengan team atau divisi terkait. Apabila harus lembur maka perlu dibicarakan juga kompensasinya karena dalam dunia profesional setiap waktu itu sangat berharga. 

3. Permintaan klien  yang macem-macem

Klien  merupakan raja dari sebuah project , karena dia yang punya uang. Ini berlaku untuk editor iklan. Mereka kadang minta efek yang macem-macem. Sebagai editor hal seperti itu sih bisa aja asal budgetnya sesuai dan materinya juga memungkinkan.
Solusi : Sebelum memulai produksi maka pre produksi sangat penting untuk dibicarakan lebih detail dengan klien mulai dari story, efek, durasi, warna, dll sehingga ketika masuk post produksi kamu tidak diganggu dengan tambahan pekerjaan.  

4. Mengendalikan Mood

Seorang video editor dituntut untuk bekerja dengan kreativitas tinggi, oleh karenanya mood yang baik harus terus dijaga dan tercipta. Ketika editor lagi mood untuk kerja, mereka sayang untuk beranjak dari tempat duduknya. Mood akan hilang kalau ada gangguan dari pihak luar dan  akan susah untuk mengembalikan moodnya. Solusi : Suasana bekerja perlu diciptakan dan kerjasama dengan semua pihak , oleh karenanya berikan aturan dalam ruang kerja kamu sehingga pekerjaan kamu tidak terganggu.

5. Komputer hang atau internet mati 

Ini sering terjadi ketika mendapat materi yang "ancur" dan masalah pada komputernya yang entah kenapa bisa hang atau mati tiba tiba. Belum lagi gangguan internet yang bisa saja terjadi dan menghambat komunikasi dan koordinasi bekerja. Solusi : Jangan menunda untuk lakukan perawatan seperti membersihkan peralatan kerja, malakukan update software dan anti virus, memperhatikan umur peralatan, dll


Ruang editing adalah ruang untuk mengolah video, dan mulai dari perangkat komputer sampai dengan alat tulis menjadi barang yang penting sehingga kebersihan dan perawatan secara berkala perlu dilakukan.  Pemilihan barang juga sangat penting mulai dari Brand dan kualitas perlu diperhatikan.

Brand LG sebagai brand yang sudah dikenal masyarakat sangat memperhatikan kualitas produk dan memiliki layanan purna jual terbaik. LG baru saja memperkenalkan LG UltraFine sebagai monitor highend dengan spesifikasi tertinggi yaitu resolusi 5K (5120x2880) dengan lebar layar 27 Inch menjadi monitor paling ideal untuk kamu seorang profesional video editor.

Comments