Tips Merawat Monitor dengan baik!


Monitor komputer menjadi salah satu bagian terpenting dari komputer yang kamu punya, oleh karenanya perawatan sangat penting kamu lakukan agar menjaga monitor kamu tidak cepat rusak.  

Berikut ini 5 tips merawat monitor komputer :

1. Lengkapi monitor dengan aksesoris 

Agar monitor bisa dijaga dengan baik, kamu bisa memulai dengan memasang aksesori berupa bracket atau pemasangan screen guard. Kamu bisa memilih dan memasangkan screen guard yang cocok dengan ukuran monitor komputermu.

Sekarang sudah banyak jasa pemasangan screen guard atau kamu juga bisa mencoba memasangnya sendiri. Pemasangan screen guard juga akan melindungi matamu dari sinar radiasi laptop yang berbahaya bagi pengelihatan.

2. Jauhkan monitor dari benda benda lain. 

Hindari penyimpanan barang-barang elektronik di dekat monitor komputer kamu.  Meletakkan barang elektronik di dekat laptop akan memicu medan magnet yang tidak baik untuk monitor atau benda benda berat/tajam yang dapat menimpa atau jatuh ke monitor kamu. Selain itu, perhatikan suhu ruangan kamu juga tidak bisa membiarkan monitormu ada di suhu yang terlalu panas atau dingin. Perubahan suhu cuaca yang ekstrim berpotensi membuat komponen di dalam monitor lebih cepat rusak.

3. Bersihkan monitormu secara teratur dari kotoran dan debu

Kamu bisa menggunakan kain dengan bahan yang lembut dan kesat (biasanya digunakan untuk membersihkan kacamata). Jangan pernah menggunakan pembersih berbahan alkohol atau amonia.

Saat membersihkan monitor menggunakan cairan, hindari menyemprotkan cairan secara langsung. Menyemprotkan cairan pembersih langsung pada monitor akan membuat monitor penuh dengan jejak air. Jejak ini jelas lebih sulit dibersihkan daripada debu.

Selain itu, hindari pula menempelkan stiker pada monitor. Ingat, saat dilepas, stiker akan meninggalkan bekas yang tidak mudah untuk dihilangkan.

4. Perhatikan kabel monitormu

Saat memiliki monitor, perlakukan kabel monitor sebagai satu kesatuan dengan monitormu. Berhati-hatilah saat melepaskan kabel, jangan melepasnya dengan kasar.

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah saat menyimpan kabel. Jangan melilitkan kabel terlalu erat. Simpan kabel dengan lilitan yang agak longgar. Melilit kabel terlalu erat akan membuat kabel tegang sehingga mudah putus.

5. Aktifkan screensaver pada saat penggunaan monitor

Screensaver merupakan animasi yang akan aktif saat komputermu tidak mendeteksi adanya aktivitas pada komputermu. Jika monitormu memiliki jenis CRT dan LCD, kamu harus menggunakan screensaver ini. Gunanya adalah untuk menjaga layar monitormu supaya tidak memunculkan garis-garis hitam.

Garis-garis hitam ini dapat muncul pada monitormu karena tembakan sinar katoda (bagi monitor berjenis CRT) atau akibat piksel yang terlalu tajam (pada monitor berjenis LCD). Penggunaan screensaver juga dapat mencegah terbakarnya monitormu. Kamu juga bisa merawat monitormu dengan kalibrasi warna lho!

LG sebagai pemimpin di pasar monitor Indonesia saat ini, terus mengembangkan teknologi monitor yang disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna. Perkenalkan LG UltraFine sebagai monitor highend dengan spesifikasi tertinggi yaitu resolusi 5K (5120x2880) dengan lebar layar 27 Inch menjadi monitor paling ideal untuk kamu seorang profesional. 

Comments